Senin, 21 Maret 2011

Ban & Pelek Kecil: Jangan Di Perlakukan Sama!

Ban & Pelek Kecil :
Jangan Di Perlakukan Sama !





Karakter dan performa mengurangi safety


Virus atau tren montor pakai kaki-kaki kecil masih ramai. Maksudnya, penggunaan ban dengan tapak kecil. Bahkan, umumnya banyak yang pakai ban dan pelek biasa dipakai untuk drag bike yang balap di trek lempeng aja itu.

Boleh dan silakan aja? Kan yang punya motor dan duit, brother sendiri. Tapi tetap harus yang ada dipahami. “Ada perubahan karakter pakai ban dan pelek tapak kecil untuk harian seperti di motor drag,” tandas Anak Agung Surya Adicipta, instruktur safety riding dari PT Astra Honda Motor (AHM).

Menurut Made Surya, panggilan akrab Anak Agung Surya Adicipta, ukuran ban dan pelek sudah disesuaikan desain dan performa. Makin kecil, artinya ukuran tingkat safetynya berkurang. “Misal, saat ngerem. Beban motor pastinya akan pindah ke depan,” wanti Made Surya yang tinggi besar ini.

Untuk itu, penting diperhatikan adalah saat melakukan pengereman dan ketika menikung. Titik ngebrake harus lebih jauh. Gerak tangan menekan tuas rem harus lembut.

Juga, jangan menikung terlalu miring. Diajak rebah nikung ekstrem, area traksi ban dan pelek drag look jauh lebih kecil. Kemiringan gak bisa disamakan. seperti ketika pakai roda estede.

Intinya, jangan diperlakukan sama!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar